Tips Komputer (Surabaya, 2011)

Bingung juga, setelah membeli netbook kosongan Piajo tidak bisa melakukan instalasi operating system ke netbook barunya. Padahal dia telah download tutorial cara cepat instal netbook menggunakan flashdisk. Software yang diperlukan sudah ia siapkan yaitu wintoflash. Namun terjadi masalah di tengah-tengah proses pembuatan flashdisk installer.
Permasalahannya sepele yaitu software wintoflash yang ia gunakan tidak berjalan dengan baik. Wintoflash memberikan respon bahwa wintoflash cannot lock the drive. Akibatnya flashdisk tidak bisa di format oleh winstoflash sehingga Operating System yang akan di copy ke flashdisk tidak bisa dilanjutkan.
Adapun cara agar wintoflash dapat bekerja dengan baik adalah dengan mengikuti Tips Cerdas Cara Mengatasi Wintoflash Cannot Lock The Drive. Yuk kita simak :
1. Menonaktifkan Antivirus
Wintoflash tidak bisa berjalan dengan baik karena antivirus masih aktif. Wintoflash tidak mengizinkan antivirus berjalan saat proses format flashdisk.
2. Menutup program yang sedang berjalan
Program apapun yang sedang berjalan di komputer atau laptop harus dimatikan karena akan menghambat proses wintoflash melakukan format terhadap flashdisk.
3. Mematikan aplikasi di start up
Ada banyak program di system tray. Bisa Anda lihat di bagian pojok kanan bawah layar komputer Anda. Ada berbagai program yang berjalan bersamaan dengan hidupnya komputer sesaat setelah booting. Untuk mematikannya adalah dengan cara :
1. Dari tombol Start program windows pilih run kemudian ketikkan msconfig
2. Akan keluar jendela system configuration
3. Pilih tab startup kemudian klik dissable all lalu OK
4. Restartlah komputer Anda
3. Memformat flashdisk secara manual
Lakukan format secara manual terhadap flashdisk Anda dengan cara :
1. Tancapkan flashdisk yang akan dibuat dan ingatlah letaknya, misal di drive F:
2. Dari tombol Start program windows pilih run kemudian ketikkan cmd
3. Setelah jendela DOS keluar ketikkan “format F: /force” (tanpa tanda kutip) tekan enter
4. Tekan enter sekali lagi dan tunggulah prosesnya selesai
Setelah semua proses ini Anda lakukan, silakan jalankan wintoflash lagi, insya Allah akan berjalan dengan baik.