Kamis, 22 September 2011

Sukses Blogger Nusantara, Bangkitnya Komunitas Gotong Royong


Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing
Itulah pepatah luhur warisan bangsa. Pepatah yang bukan sekedar pepatah, tetapi pepatah yang sarat akan nilai falsafah. Blogger Nusantara seharusnya tidak melupakan begitu saja pepatah ini, karena dibalik kesederhanaan bahasa yang dipakai ternyata menyimpan formula ampuh untuk meraih kesuksesan. Tidak hanya kesuksesan pribadi semata tetapi juga kesuksesan bersama.
Alangkah indahnya jika seluruh anak bangsa yang berkiprah sebagai blogger saling mendukung satu sama lain. Tidak hanya mengutamakan kepentingan diri sendiri. Tidak hanya mencari keuntungan pribadi. Tetapi sejalan dengan pepatah ini, bersama Blogger Nusantara yang lain saling mendukung dan saling berbagi. Inilah pepatah sederhana yang menggambarkan semangat kekeluargaan, nilai gotong-royong yang akan memberikan manfaat besar bagi Blogger Nusantara.
Lalu bagaimanakah cara membangun komunitas Blogger Nusantara yang berpegang teguh pada prinsip gotong-royong? Inilah tahapan yang harus dilakukan oleh para blogger tanah air:
1. Membuat Blogger Lain Krasan Berkunjung
Cara membuat para blogger lain krasan berkunjung ke blog kita adalah dengan menyediakan blog yang nyaman buat mereka. Blog ini menyediakan informasi yang berkualitas, bukan buatan mesin. Posting artikelnya terupdate dengan baik dan bukan hasil copas semata. Tampilan blog tidak disesaki iklan, simple dan tidak membingungkan.
2. Mempermudah Blogger Lain Menanam Backlink
Ciptakanlah blog dofollow. Meskipun belum berpagerank tinggi, blog seperti ini akan sangat membantu menguatkan blog lain. Anda bisa mencantumkan pernyataan di blog bahwa blog Anda dofollow dan mempersilakan pengunjung berkomentar. Di sisi lain, bagi blogger tamu pun harus dapat menjaga komentar, bukan malah secara serampangan melakukan spam karena cara ini akan meruntuhkan prinsip gotong-royong yang dibangun.
3. Saling Membalas Komentar dan Kunjungan
Balaslah komentar yang telah masuk dalam blog secara rutin dan kunjungilah blog yang disematkan oleh blogger tamu di kolom komentar. Bacalah beberapa artikel disana dan tinggalkan komentar positif sebagai kunjungan balasan. Tentu hal ini akan menciptakan pengaruh yang sangat luar biasa.
4. Pertukaran Backlink
Jika sudah tercipta budaya saling berkunjung melalui langkah di atas, sangat disarankan saling bertukar backlink. Blogger dapat memberi halaman khusus untuk penukaran backlink. Hal ini harus dilakukan dengan sportif, ingat semangat yang ingin kita bangun adalah semangat gotong-royong. Semangat yang melahirkan budaya saling berbagi dan saling mempercayai.
5. Saling Share Artikel Blog Melalui Facebook
Facebook merupakan sumber trafik yang sangat berlimpah. Saling share artikel antar blogger melalui facebook akan sangat membantu meningkatkan kunjungan ke blog masing-masing. Secara tidak langsung jalinan kebersamaan antar blogger pun akan tercipta. Komunitas yang dibangun pun akan semakin kukuh.
6. Mengajak Meramaikan Forum
Banyak sekali forum-forum bisnis online di internet. Jika Anda menemukan forum yang berkualitas jangan segan untuk mengajak blogger lain untuk ikut bergabung. Forum memberikan tempat yang luas tidak hanya untuk saling bertukar informasi. Lebih dari itu, anggota forum yang ada dapat diajak untuk saling bertukar backlink, saling mengunjungi blog-blog anggota sehingga akan meningkatkan trafik kunjungan sebuah blog.
7. Mengadakan Acara Temu Blogger
Tidak cukup rasanya membangun komunitas hanya di dunia maya. Perlu setidaknya dalam kurun waktu tertentu komunitas blogger mengadakan pertemuan langsung. Pertemuan ini bisa diselenggarakan di tempat-tempat rekreasi. Selain bisa untuk refreshing juga dapat menguatkan rasa kekeluargaan sesama blogger, mengukuhkan kesolidan antar blogger.
Lebih dari itu, blogger Nusantara dapat menjalankan fungsi kontrol sosial atas berbagai permasalahan bangsa. Nah, apakah Anda blogger Tanah Air? Mari membangun blogger Indonesia, mari sukseskan Kopdar 1000 Blogger Nusantara!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar