Kamis, 22 September 2011

2 Tips Manual Cara Disable USB Flashdisk Untuk Keamanan Komputer dan Laptop


Lagi-lagi bahas flashdisk, memang media penyimpanan data yang sangat mungil ini sering jadi biang kerok dari menyebarnya virus ke komputer, laptop maupun netbook Anda. Kecerobohan menancapkan flashdisk tanpa di scan akan berakibat fatal. Apalagi bagi Anda yang memiliki komputer maupun laptop yang kadang masih harus berbagi dengan saudara atau teman Anda yang kurang memperhatikan pentingnya scanning virus saat menancapkan flashdisk.
Banyak sekali kasus setelah komputer atau laptop Anda di pinjam teman atau saudara hanya dalam hitungan detik saja virus dari flashdisk teman atau saudara Anda langsung menyerang beberapa detik setelah ditancapkan. Hal ini tentu akan sangat merugikan Anda apalagi jika Anda tidak bisa mengatasi virus ataupun menginstal netbook Anda yang terlanjur menjadi sarang virus dan tidak bisa dihapus oleh antivirus Anda. Sangat memakan waktu untuk perbaikannya.
Oleh karena itulah, USB Flashdisk Anda sebaiknya di disable, selain meminimalisir serangan virus,  hal ini juga akan mengamankan data Anda agar tidak dicuri atau dicopy menggunakan USB flashdisk. Anda tidak usah khawatir, Anda dapat men-enable-kan (menghidupkan fungsi) USB Flashdisk Anda kembali.
2 TIPS MANUAL
  1. Disable dari Control Panel
  2. Disable dari Registry Windows (regedit)
TIPS 1 : Disable dari Control Panel
Tips pertama ini adalah menonaktifkan USB flashdisk melalui control panel :
  1. Masukklah Start Program > Control Panel > System > Hardware > Device Manager
  2. Carilah Universal Serial Bus Controllers
  3. Klik Kanan pada Intel(R) 82801G (ICH7 Family) USB Universal Host Controller – …
  4. Pilih Disable, teruskan langkah 3 sampai semua terdisable
Untuk mengaktifkan kembali fungsi USB tinggal klik kanan kemudian Enable
*) Peringatan : Jika Anda menggunakan perangkat lain seperti printer USB, mouse USB akan ikut terdisable. Saat hal itu terjadi gunakan keyboard Anda untuk melakukan enable kembali.
TIPS 2 : Disable dari Registry Windows
Tips Kedua ini adalah menonaktifkan USB flashdisk dari tweak registry windows :
  1. Dari menu Start pilih Run
  2. Ketikkan regedit pada kotak dialog run, lalu tekan tombol Enter atau klik OK.
  3. Pada jendela Registry Editor, cari HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMControlSet001ServicesUSBSTOR. Lalu pada kolom di sebelah kanan, cari DWORDStart. Ganti angka 3 menjadi angka 4.
Untuk menampilkan USB tinggal ganti angka 4 menjadi 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar