Senin, 28 November 2011

Ultralight Metallic Microlattice – Logam Teringan di Dunia

Berita Teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan semakin hari semakin berkembang pesat. Kali ini para ilmuwan dari Universitas California Irvine, HRL Laboratories, dan California Institute of Technology di Amerika Serikat telah berhasil menciptakan logam teringan didunia. berat logam ini 100 kali lebih ringan dari styrofoam.

Menurut jurnal Science Jumat (18/11/11), logam tersebut diberinama ultralight metallic microlattice. Rahasia dibalik ringannya logam tersebut adalah pada arsitektur tingkat selulernya. Material tersusun dari 99,99 persen udara dan hanya 0,01 persen unsur padat. Komponen material padatnya terdiri atas 90 persen nikel. Susunannya membuat massa jenis material ini bahkan kurang dari seperseribu massa jenis air.

Bila dijatuhkan dari ketinggian bahu orang dewasa logam ini membutuhkan waktu sampai 10 detik untuk mencapai permukaan tanah sehingga logam ini mungkin tidak cepat rusak.

Menurut para peneliti, logam ini cocok digunakan untuk tujuan perlindungan, bisa juga digunakan untuk bidang kedirgantaraan, peredam akustik dan cocok juga sebagai bahan baterai. Seperti dilansir dari Kompas Senin (21/11/11) logam ini sedang dikembangkan untuk Defense Advanced Research Projects Agency.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar