Rabu, 31 Agustus 2011

Berpenghasilan Cepat Dengan Affiliate Marketing

Salah satu bentuk bisnis internet yang umum di ikuti oleh para marketer adalah affiliate marketing, namun bagi yang baru di dunia internet marketing pasti ingin tahu apa sih affiliate marketing itu?
Affiliate marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet. Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis yang sangat lama, yaitu membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual.

Dalam affiliate marketing, anda dibayar kalau anda berhasil menjual produk/ jasa seorang merchant atau affiliate merchant. Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/ jasa yang mereka pasarkan melalui internet.

Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk/ jasa untuk di jual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang bisa terjual, mereka akan mendapatkan komisi.
Nah, orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas disebut affiliate marketer atau affiliate.

1. Ide Di Balik Affiliate Marketing

Anda pernah bekerja untuk seseorang atau perusahaan dan mendapatkan komisi? Affiliate marketing adalah model bisnis semacam itu. Anda juga mungkin pernah diberi uang karena berhasil mendapatkan orang yang bersedia melakukan transaksi bisnis dengan seseorang?
Kalau di dunia nyata biasanya hal ini dikenal dengan istilah calo, perantara, atau broker. Affiliate marketing kurang lebih juga serupa dengan bisnis itu.

Ada banyak affiliate merchant yang bersedia membayar kalau anda berhasil mendapatkan calon pembeli yang memenuhi kualifikasi mereka. Dalam dunia internet marketing, calon pembeli ini biasa dikenal dengan istilah lead atau prospect.

2. Bagaimana Cara Affiliate Marketing Bekerja?

Setelah anda mengetahui apa itu Affiliate Marketing, tentu anda ingin mengetahui juga bagaimana cara kerjanya bisnis affiliate marketing ini sehingga bisa menghasilkan keuntungan!

Dalam bisnis internet, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui “link khusus” atau dikenal dengan istilah “affiliate link”. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/ jasa).

Cara kerja dari affiliate link ini dimisalkan apabila anda sedang browsing di internet dan melihat suatu produk, misalnya produk elektronik, kesehatan, kecantikan, dll. Lalu anda melihat pada website produk tersebut menawarkan program affiliate yang bersedia memberi anda komisi sebesar 50% untuk setiap penjualan yang anda hasilkan.
Kemudian apabila anda tertarik lalu mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan terlebih dulu mengisi registrasi dan menyetujui segala persyaratan (agreement) dari program affiliate tersebut, maka affiliate merchant akan memberikan sebuah “affiliate link” untuk anda.

Tugas anda selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut dengan berbagai cara misalnya menempatkan link di website anda atau di email signature, dll, dengan harapan apabila ada pengunjung website yang “mengklik” link anda maka pengunjung tersebut akan dibawa ke website merchant dan apabila terjadi pembelian maka anda akan mendapatkan komisi sebesar 50%.

Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan ‘affiliate ID’ anda.
Jadi prinsip kerja dari Affiliate Marketing adalah:
– Cari dan tentukan produk yang akan anda jual.
– Daftarkan diri anda sebagai affiliate dari produk tersebut.
– Dapatkan link affiliate dari produk tersebut.
– Promosikan link produk tersebut.

Bagi anda yang ingin cepat berpenghasilan dari internet saya sarankan untuk memilih bisnis ini karena affiliate marketing mempunyai beberapa kelebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar